Sistem Periodik Unsur


Sejak dahulu manusia menyadari bahwa unsur di alam sangatlah banyak, banyak di antaranya belum diketahui (belum ditemukan). Beberapa unsur didapati memiliki kemiripan sifat satu sama lain baik dari sisi kimia maupun fisika, sementara yang lain berbeda sama sekali bahkan berlawanan.

Apa yang mempengaruhi sifat-sifat unsur itu? Pada awalnya diperkirakan sifat-sifat unsur dipengaruhi oleh nomor massanya sehingga muncul penggolongan triade lalu oktaf danakhirnya  disempurnakan oleh Mendeleeve.

Sejak ditemukan bahwa inti atom sangatlah kecil (Rutherford) Mosley mencoba menghubungkan sifat unsur dengan pola spektrum energi elektron. Dia mengusulkan bahwa sifat unsur dipengaruhi oleh nomor atom, maka lahirlah SPU Modern yang kita pakai sampai sekarang. Dengan mempelajari SPU kita bisa memprediksi sifat-sifat unsur hanya berdasarkan letaknya dalam SPU, berdasarkan informasi umum golongan dan pola (trend) erubahan sifat baik dalam satu golongan maupun satu periode. Kita bisa bandingkan sifat unsur tersebut dengan sifat-sifat beberapa unsur terdekat baik segolongan maupun seperiode, bahkan dalam satu diagonal.

Materi dapat diunduh di sini atau di sini serta versi pdf dapat diunduh di sini

About Harjito

Staf Pengajar Kimia UNNES Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: